BLOGGER TEMPLATES AND IMVU Layouts »

02 August 2009

Harry Potter Canon Pairing

Saya sudah sekitar 7 tahunan berkutat dengan Harry Potter, dan banyak sekali kisah yang saya alami. Salah satu yang paling panas a.k.a hot adalah soal pairing. Yeah, mengingat Harry Potter menganut pasangan yg gak klise (hero gets the girl!), semakin nambah hot aja nih soal pairing. Buat perkenalan dulu, saya termasuk pecinta canon, saya sangat menghormati cerita yang sudah JKR susun dan rencanakan bertahun-tahun. Satu-satunya karakter fanon yang saya suka cuma Neville-Luna. Hehe. Eh, nggak cuma itu, deng! Saya suka Snape-Lily, bahkan agak suka Sirius-Remus. LOL. Nah, mengingat saya pecinta canon, tentunya banyak sekali orang yang bertentangan dengan saya, walaupun banyak juga yang sama dengan saya. Dua pasangan utama--Harry/Ginny dan Ron/Hermione, sering jadi fokus. Imbasnya, buat orang yang benci canon, keluarga Weasley jadi keluarga paling dibenci. Keluarga Weasley paling gak penting, nyebelin, gak ada bagus-bagusnya, bahkan kalo bisa ditendang keluar dari cerita HarPot. Artinya, jangan pernah ada keluarga Weasley di cerita HarPot, cuma bikin kacau cerita aja. Eh eh, ini bener loh. Saya alami di forum luar, karena emang fans luarlah yang paling parah. Hmm, fans Indonesia masih dalam taraf wajar menurut saya. Oke, kembali ke Weasleys. Kalo gak ada Weasleys, dijamin gak ada Ron dan Ginny, kan? Maka, mereka bisa sekalian ditendang juga dari cerita HP, sebagai penyebab pairing favorit mereka--apapun itu--susah jadi canon.

Honestly, saya pecinta berat keluarga Weasley. Beratnya tuh bener-bener berat. Saya gak setuju sama mereka yang bilang Weasleys gak perlu ada di cerita HarPot, a.k.a gak penting. Dalam hal ini, Ron, karena Ron-lah penyebab keluarga Weasley muncul di cerita HP. Jadinya, banyak yang gak suka Ron. Ya, saya tahu Ron emang gak sehebat Harry dan sepintar Hermione, tetapi seperti kata JKR--Ron-lah yang mempertahankan dan menghangatkan kebersamaan mereka. Pernah kepikiran gak, kalo tanpa Ron, Harry-Hermione GAK bakal pernah jadi akrab. Nggak? Hmm, typical fans. Seperti kita tahu, awal pertemuan mereka, Harry (dan Ron) gak suka sama perilaku Hermione yang sok. Nah, tahu kenapa Hermione jadi sahabatan ama Harry (dan Ron)? Karena mereka menyelamatkan Hermione dari troll. Tahu kenapa Hermione diserang troll? Karena dia lagi ada di kamar mandi, nangis. Tahu kenapa Hermione nangis? Karena RON BIKIN HERMIONE NANGIS dengan nyebut dia 'mimpi buruk'! Kalo gak ada Ron? Hermione gak bakal nangis, gak bakal menyendiri di kamar mandi, gak bakal diserang troll, gak bakal diselamatin, otomatis GAK bakal sahabatan dan deket sama Harry, gak bakal ada the Golden Trio! Baru menyadari pentingnya Ron? Miserable fans. Mau lagi? Oke. Kalo gak ada Ron, kita gak bakal tau the Marauders. Cerita the Marauders dimulai dari kaburnya Sirius. Tau kenapa Sirius kabur? Karena dia ngincer Wormtail. Tau Wormtail jadi siapa? Jadi Scabbers, tikus RON. Baru menyadari lagi? Ckckck.

Kali ini saya bakal cerita dari sudut pandang Harry dan Hermione, dua orang yang paling banyak diincer ama fans buat jadi pendamping karakter favorit mereka. Harry butuh cewek tegar. Pilihan: Hermione, Ginny, Luna. Dua, Harry butuh cewek yang berani. Pilihan tetap mereka. Tiga, Harry butuh cewek yang ngerti dia. Pilihan Hermione dan Ginny. Tau kenapa Harry akhirnya pilih Ginny? Karena Ginny jauuuuhhh lebih punya SENSE OF HUMOUR daripada Hermione. Ngerti donk dengan keadaan Harry yang dijahatin bertahun-tahun, cobaan hidupnya gila bok, banyak banget! Kalo aku udah stres deh tuh. Itu sebabnya dia butuh TAWA. Emang Hermione lucu, gitu? Bukannya dia tipikal cewek serius, ya? Kalo kata Xeno Lovegood sih, Hermy tuh berpikiran tertutup, sempit. Tau gak, tawa itu berpengaruh besar loh dalam hidup kita. Dalam realitas pun, orang yang lucu bukannya jauh lebih disukain daripada orang yang serius? Aku pernah baca artikel, kalo kita udah berhasil bikin orang ketawa sama lelucon kita, itu berhasil ngangkat sebagian besar dari rasa stres di diri orang tersebut. Dalam kaitannya, Harry banyak ketawa karena lelucon Ginny. Ginny ngertiin Harry. Ginny punya keluarga yang sayaaaaang banget sama Harry. Ginny satu-satunya orang yang dikenalnya, yang berhubungan langsung dengan Voldemort, inget kasus kamar rahasia? Waktu Harry mikir dia kerasukan Voldemort, Ginny-lah yang bikin Harry lega, plong, karena Ginny satu-satunya orang yang Harry kenal yang pernah dirasuki Voldemort, ngungkapin gimana rasa dirasuki Voldemort, yang gak dirasa Harry. Berasa sehati. Gimana gak jadi suka?

Terakhir, kenapa Hermione milih Ron. Tau gak siapa yang bikin Hermy pertama kali nangis, nyadar kalo emang karena ke-sok-annya gak ada yang mau berteman sama dia? Ron. Tau siapa yang paling perhatiin Hermy, waktu giginya jadi rapi, jadwal pelajarannya yang aneh di buku tiga? Ron. Gak ada satupun yang merhatiin itu. Selaluu aja Ron yang nyadar. Pertanda kalo Ron paling merhatiin Hermy, bukan siapapun. Dan terakhir, alasan sama: Hermy butuh TAWA. Gadis serius kayak dia, yang setiap kali ngambil logika, berpikiran tertutup, butuh tawa, keluar dari gaya hidupnya yang membosankan, serius, dll. Ron yang kocak! Ron yang ngebuka pikiran Hermy, kalo hidup itu butuh refreshing. Ron yang paling perhatiin Hermy, Ron yang selalu bikin Hermy nangis-ketawa-marah ampe kehilangan kontrol. Inget di buku 7, waktu Hermy marah ke Ron SAMPE LUPA DIRI? Tipikal cewek kayak Hermy gak bakal perhatiin kata-kata orang. Tapi Ron, apapun yang dikatakan dan dilakukan Ron ke dia, BERPENGARUH SANGAT BESAR padanya.

Belum beres, loh. Haha. Bersambung.

0 comments: